Spesifikasi
Produk / Jasa
Ojek Online
·
Tarif murah dan
transparan
Dahulu
sering kali konsumen merasa tertipu oleh tukang ojek yang memberikan tarif yang
lebih dan tidak masuk akal. Tetapi sekarang, dengan keberadaannya aplikasi ojek
online semua menjadi transparan baik itu bisa mengetahui rute perjalanannya dan
tarifnya bisa diketahui lebih dahulu. Jadi semua tarif yang harus dibayar
penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga tidak ada proses tawar menawar
lagi dengan pengendara. Terlebih dengan adanya berbagai promo yang ditawarkan oleh
pihak ojek online.
·
Praktis
Dengan
ojek online jelas semua menjadi praktis, karena kamu bisa memesan atau kamu
ingin mengantarkan barang dari rumah serta kantor hanya dengan gadget. Driver
ojek online langsung menghampiri sesuai keinginan pemesan.
·
Aman dan lebih terpercaya
Aman,
ya karena setiap driver atau konsumen harus melakukan registrasi terlebih
dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat
dilacak dengan mudah. Dengan begitu, penumpang akan merasa lebih aman menggunakan
pengemudi yang sudah terdaftar. Penumpang juga bisa mengetahui rute
perjalanannya jadi bisa merasa aman dan nyaman ketika menggunakan layanan dari
ojek online.
·
Bisa memilih pengendara
Mungkin
ini bisa masuk kekurangan maupun kelebihan, karena ada aplikasi ojek online
yang bisa memilih pengendaranya. Sebut saja NGUBERJEK, jadi bagi penumpang yang
menemukan driver dari NGUBERJEK bisa langsung memesan ke drivernya. Penumpang
tidak usah ribet-ribet meng-order lebih dahulu, nanti driver yang meng-order
lewat aplikasinya, nama fitur aplikasinya ialah “Selfie order” penumpang hanya
menyebutkan nama dan nomor handphone.
2 Segmentasi
Produk / Jasa
·
Untuk mengatasi kemacetan
dll
Konsistensi Ojek
Online dalam penerapan teknologi komunikasi tepat guna ini menjawab masalah
sosial dan kekhawatiran masyarakat akan transportasi umum terutama di wilayah
ibukota. Dengan bermunculan bisnis penyedia jasa transportasi Ojek Online
seperti dan Gojek memberikan solusi bagi kemacetan yang terjadi di daerah
Jabodetabek dan memberikan kenyamanan bagi konsumennya. Dengan adanya Gojek
memberikan solusi bagi masalah kemacetan di ibukota dan menjawab kekhawatiran
masyarakat akan keamanan di transportasi umum. Masalah transportasi dan
kemacetan yang masih banyak dikeluhkan oleh semua pihak menjadi pekerjaan rumah
sendiri bagi banyak pihak tak hanya pemerintah. Terlebih lagi memang Jakarta
sempat dinobatkan sebagai kota termacet di dunia. Tapi ternyata kemacetan ini
dijawan dengan solusi yang dihadirkan PT
GoJek Indonesia dan dengan memanfaatkan akses teknologi smartphone bisa menjadi bisnis menjanjikan
dan memberikan kemudahan bagi penggguna atau konsumen
3 Analisa
Situasi Pasar
·
Mampu menjadi opsi
angkutan umum
PT Gojek Indonesia memberikan penawaran jasa
transportasi dengan berbagai kemudahan dalam pemesanan. Inovasi yang ingin
disampaikan dari adanya Ojek Online ini adalah penggabungan antara transportasi
umum yaitu ojek dengan penggunaan teknologi komunikasi tepat guna yaitu
Internet. PT Gojek Indonesia menawarkan suatu inovasi dimana masyarakat tidak
hanya bisa menggunakan cara konvensional dalam memesan sarana transportasi Ojek
pilihannya, tetapi juga bisa menggunakan cara yang modern untuk pemesanannya.
Semuanya dengan menggunakan aplikasi yang terhubung dengan internet.
Konsistensi
Ojek Online dalam penerapan teknologi komunikasi tepat guna ini menjawab
masalah sosial dan kekhawatiran masyarakat akan transportasi umum terutama di
wilayah ibukota. Dengan bermunculan bisnis penyedia jasa transportasi Ojek
Online seperti Gojek memberikan solusi bagi kemacetan yang terjadi di daerah
Jabodetabek dan memberikan kenyamanan bagi konsumennya.
Gojek
menerapakan teknologi komunikasi tepat guna karena penggunaannya memang sesuai
(tepat guna) dengan kebutuhan dan kondisi yang ada pada masa kini. Teknologi
komunikasi tepat guna yang diterapkan dalam Gojek ini bisa dijadikan solusi
bagi permasalahan dalam masyarakat.
4 Analisis
pesaing
·
Tarif promo tiap ojek
online
Dalam
mengenalkan inovasi dalam bisnis transportasi Ojek Onlinenya, Gojek pada
awalnya memberikan promo yang luar biasa besar, dimulai dengan memberikan
kredit 50 ribu rupiah pada setiap akun untuk penggunaan pertama transportasi
Gojek kemanapun di daerah Jabodetabek dengan biaya 5 ribu. Promo biaya transportasi yang tergolong
sangat besar menarik atensi atau perhatian masyarakat untuk menggunakan Gojek
ini.
5 Strategi
Promosi
·
Iklan media online,
pamflet, dll
Dalam
menarik minat konsumen dalam menggunakan angkutan umum online yang sedang
banyak digunakan jasanya oleh hampir bagi semua masyarakat seperti anak
sekolahan, mahasiswa, pekerja kantoran dan masih banyak yang lainnya. Oleh
karena itu strategi yang digunakan berbagai penyedia jasa “Ojek Online” beragam
dari yang promosi menggunakan pamphlet besar yang berada di kota-kota besar,
menggunakan “kode unik” demi menarik penumpang untuk menaiki jasanya, iklan
yang tersebar di media social juga sangat berpengaruh untuk media promosi
secara tidak langsung.
6 Media
Promosi berbasis IT
·
Iklan di Youtube, Tv, dll
Hampir
sama dengan point nomor 5, Strategi yang digunakan untuk mempeluas cakupan
masyarakat dalam mengetahui apa yang ingin ditawarkan penyedia jasa ojek online
merekapun turut mempromosikannya melalui media lain seperti iklan TV, Billboard
diperkotaan besar, Sosial media melalui akun Facebook, Instagram, Twitter
misalnya, iklan adsense di YouTube biasanya juga turut diselingkan beberapa
detik sebelum kita menonton video.
KESIMPULAN
Masyarakat
saat ini sangat dimudahkan dengan adanya sarana transportasi Ojek Online
terutama untuk pemesanannya. Dimanapun dan kapanpun juga secara cepat dan real
time, masyarakat mudah melakukan mobilisasi kemana saja dengan memiliki
aplikasi yang terhubung dengan teknologi internet ini. Bisnis yang memanfaatkan
aplikasi virtual untuk memudahkan pemesanan sarana transportasi ini adalah
bisnis Gojek. Konsistensi Ojek Online dalam penerapan teknologi komunikasi
tepat guna ini menjawab masalah sosial dan kekhawatiran masyarakat akan
transportasi umum terutama di wilayah ibukota. Dengan adanya penyedia jasa
trasnportasi secara online ternyata memberikan solusi bagi kemacetan yang
terjadi di daerah Jabodetabek dan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi
konsumennya.
Kehadiran
Ojek Online ini merupakan inovasi dalam penerapan teknologi komunikasi tepat
guna yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi yang ditawarkan dari
adanya Ojek Online adalah penggabungan bisnis penyedia jasa transportasi dengan
teknologi komunikasi yang berbasis data internet. Inovasi ini disampaikan
kepada masyarakat dengan menggunakan berbagai media komunikasi yaitu media
sosial, media televisi dan Interpersonal Communication Approach baik secara
langsung dan bermedia.
Dalam
penyampaian inovasi ini, Gojek melakukan berbagai tahapan dalam proses difusi
inovasi dimulai dari tahap pengenalan, tahap persuasi, tahap keputusan, tahap
pelaksanaan dan tahap konfirmasi. Setelah melalui proses difusi inovasi,
akhirnya masyarakat mengadopsi inovasi yang disampaikan dari adanya Ojek Online
ini. Inovasi ini memberikan perubahan pada dua tataran yang berbeda yaitu pada
lingkungan masyarakat dan kedua, pada bisnis di bidang jasa lainnya. Keputusan
pada tataran masyarakat yaitu keputusan untuk menggunakan jasa Ojek Online ini
untuk kebutuhan mobilisasi mereka. Sedangkan pada tataran bisnis di bidang
jasa, adanya fenomena Ojek Online ternyata memberikan ide bagi bisnis di bidang
jasa lainnya untuk mengkolaborasikan bisnisnya dengan teknologi internet.
Adanya
Gojek Online berupa kehadiran Gojek memberikan kontribusi yang sangat
siginifikan bagi kehidupan sosial masyarakat. Beberapa perubahan sosial dan
mindset tentang Ojek Online seperti peralihan penggunaan teknologi sebagai
sarana pemesanan transportasi umum, peningkatan citra transportasi Ojek sebagai
sarana transportasi yang solutif, cepat, bebas macet, aman dan nyaman. Ojek
Online saat ini menjadi solusi yang memberikan manfaat kepada masyarakat karena
penerapan teknologi komunikasi secara tepat guna
TUGAS PENGANTAR INFORMATIKA BISNIS